☻ ☻ ☻ Thoughts lead on to purposes; purposes go forth in action; actions form habits; habits decide character; and character fixes our destiny. ☻ ☻ ☻

17 Juli 2010

Creative is easy

creative..creative...& creative...
Mungkin kita seringkali berpikir bahwa untuk menjadi creative itu susah. Tapi apakah apa yang kita pikirkan itu benar? menurut saya, menjadi kreatif itu adalah dengan terus belajar. Belajar sebagai pembekalan diri kita secara intelektualitas agar kita mampu terus up-to-date dengan infromasi yang semakin mudah didapat, kita dapat terus up-to-date dengan gelombang teknologi yang semakin mudah diakses. Kreatif adalah ketika kita belajar dan menciptakan sesuatu (alat/strategi) yang baru. Kreatif itu muncul dari proses kita belajar. Dengan banyaknya infromasi yang kita terima melalui proses pembelajaran, maka semakin besar kemungkinan kita untuk menjadi lebih kreatif dan memiliki 'semangat' untuk berinovasi. Selain dari proses belajar, untuk menjadi kreatif pun bisa kita peroleh dari pengalaman-pengalaman hidup. "INGAT! Orang yang bijak adalah orang yang mampu belajar dari pengalaman orang lain" jadi dalam hal ini memiliki pengalaman bukan berarti kita harus mengalaminya secara langsung tapi dengan belajar dari pengalamn orangpun kita bisa ambil hikmahnya.
berkaitan dengan tulisan saya mengenai kreatif, maka saya ingin mengutip dari Wikipedia yang menyatakan:
"Kreativitas adalah proses mental yang melibatkan pemunculan gagasan atau konsep baru, atau hubungan baru antara gagasan dan konsep yang sudah ada.

Dari sudut pandang keilmuan, hasil dari pemikiran kreatif (kadang disebut pemikiran divergen) biasanya dianggap memiliki keaslian dan kepantasan. Sebagai alternatif, konsepsi sehari-hari" (http://id.wikipedia.org/wiki/Kreativitas)

seperti yang telah saya bahas tadi, jelaslah bahwa kreatif itu timbul bukan dari hasil 'bertapa' dan 'termenung' namun mental kreatif itu timbul dari pembelajaran karena terjadinya hubungan antara konsep baru dengan konsep lama yang sudah ada sehingga mampu menciptakan sesuatu yang baru (hasil dari penggabungan ke-2 konsep tersebut diatas).

so, menjadi kreatif itu mudahkan? kuncinya adalah terus belajar, terus membaca dan terus berlatih. mungkin itu saja yang saya sampaikan pada kesempatan kali ini. semoga kedepannya nanti kita bisa berdiskusi lebih banyak lagi mengenai motivasi, bahasa Inggris, d el el. :)

wassalam.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar